Senin, 09 Juli 2018

Paper Kewirausahaan 108 Yoseph Kristianto Gaspersz "POLA DISTRIBUSI ES KEPAL MILO DI KELURAHAN JATIMULYA,BEKASI TIMUR"


POLA DISTRIBUSI ES KEPAL MILO
DI KELURAHAN JATIMULYA,BEKASI TIMUR
Vina Serevina, Yoseph Kristianto Gaspersz*)
Program Studi Pendidikan Fisika,Fakultas Matematika dan IPA
Universitas Negeri Jakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola distribusi jajanan musiman terutama es kepal milo di wilayah Kabupaten Bekasi, Khususnya Kelurahan Jatimulya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survei dengan mendatangi tempat yang berjualan es kepal milo serta menginteview pedangan untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh tempat berjualan dengan pendapatan. Hasil Penelitian ini adalah berupa mengetahui pola persebaran atau pola distribusi jajanan es kepal milo serta alasan memilih tempat tersebut untuk memasarkan dagangannya..
Kata-kata kunci: distribusi, es kepal milo, kelurahan Jatimulya

  1. PENDAHULUAN
Usaha kecil dan menengah diatur oleh Peraturan Pemerintah Repubik Indonesia Nomor 17 Tahun 2013. Usaha kecil dan menengah saat ini berkembang sangat pesat, terutama mengenai kuliner. Berbagai inovasi dikembangkan dalam hal makanan dan minuman. Trend sekarang yang berkembang adalah Es kepal milo. Beberapa gerai minuman menjual minuman ini dan tidak ketinggalan, dengan beberapa inovasi di dalamnya. Distribusi usaha tersebut sudah menyebar di beberapa daerah, bahkan di tingkat kelurahan, Termasuk di daerah Kelurahan Jatimulya,Kabupaten Bekasi.

  1. TEORI
Kata disribusi berasal dari kata distribute yang berarti membagikan. Distribusi adalah kegiatan orang atau lembaga untuk menyampaikan barang atau jasa dari produsen ke tangan konsumen yang membutuhkan. Faktor- faktor yang mempenagruhi pola distribusi adalah dekat dengan target pasar, mudah dijangkau, akses dan lalu lintas jalan, biaya sewa, legalitas, sharing area atau monopoli area, serta lingkungan sekitar.
 Fungsi dari distribusi ada dua yaitu  fungsi distribusi pokok adalah segala tugas poko harus di lakukan, misalkan dalam hal yang satu ini dengan pengangkutan atau transportasi, penjualan dan pembelian. fungsi tambahan fungsi tambahan di bagi atas dua yaitu menyeleksi dan mengemas.
Berdasarkan proses penyalurannya,distribusi dibagi menjadi dua yaitu distribusi langsung dan distribusi tidak langsung. Distribusi langsung merupakan proses penyaluran barang dari produsen langsung kepada konsumen. Distribusi tidak langsung menyalurkan barang melalui perantara seperti agen.
Es kepal milo adalah jajanan yang sedang viral di kalangan masyarakat. Es kepal milo berbahan dasar es serut yang diberi fla milo,kemudian ditaburi dengan topping pilihan

  1. METODE RISET
Metode yang dipakai adalah survei tempat-tempat di kelurahan Jatimulya, Kabupaten Bekasi , kemudian wawancara dengan penjual es kepal milo tersebut mengenai dampak tempat berjualan dengan omset per hari. Dilakukan sejak tanggal 4 Mei 2018 sampai dengan 4 Juni 2018. Lokasi yang diambil adalah Kelurahan Jatimulya,Kecamatan Tambun Selatan,Kabupaten Bekasi.
  1. ANALISIS DAN RISET
Lokasi dagang es kepal milo kelurahan Jatimulya,Kabupaten Bekasi:
-          Jl. H jampang (Sebelah SMP,SMA dan SMK Yadika 8)
-          Perumahan Pondok Timur Indah 1 ( Sebelah SPBU Pondok Timur)
-          Perumahan Jatimulya : ada 3 lokasi Depan SMP 4 Tambun selatan, Rumah Sakit Al-Muztazam, Depan tugu Jatimulya)
Dari semua lokasi yang ada, wawancara dilakukan di lokasi sebelah SMP Yadika 8 jatimulya. Pedagang tersebut bernama Ibu Diana. Beliau menjelaskan jika omset per hari (jika keadaan normal, tidak dalam bulan Ramadhan) dapat mencapai Rp200.000,00 sampai dengan Rp800.000,00. Hal ini dikarenakan es kepal milo tersebut bervariasi. Tipe es kepal milo yang diminati para pengunjung terutama oleh siswa-siswi SMP,SMA dan SMK Yadika 8 adalah Es kepal milo dengan tambahan es krim.
  1. KESIMPULAN
Lokasi distribusi atau penjualan es kepal milo berpengaruh besar terhadap omset atau pendapatan dari pedagang. Lokasi yang ramai pengunjung terutama di dekat sekolah terhadap pendapatan yang besar yang diterima oleh pedagang.

Daftar pustaka
m.liputan6.com/amp/3497280/cara-membuat-es-kepal-milo-sendiri-yang-enak-dan-mudah-di-rumah ( diakses senin.4 Juni 2018)
Hansucciawan. 2011. Peran dan Pengaruh Saluran Distribusi. Jakarta
Kodrat, David Sukardi. 2009. Manajemen Distribusi. Edisi Pertama.Yogyakarta: Graha ilmu.
Rudi. 2013. Peluang Usaha di Rumah yang Menghasilkan Uang.    Jakarta
Situmorang, Syafrizal Helmi dkk. 2010. Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis.
Terbitan Pertama. Medan : USU Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar